About Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipi Suspendisse ultrices hendrerit nunc vitae vel a sodales. Ac lectus vel risus suscipit venenatis. Morbi dignissim mi non dui phaedrum ullamcorper.

Hirtenstraße 19, 10178 Berlin, Germany

+49 30 24041420

ouroffice@any.com

Follow Us

Blog

Membangun Cerita Mengenai Pertualangan dari Pahlawan

Berikut ini penulis akan kembali mengulas tentang suatu bagaimana membangun cerita mengenai pertualangan dari pahlawan. Teori ini dikemukakan oleh seorang yang bernama Joseph Campbell - seorang tokoh penulis terkenal di era tahun 80 an yang penulisannya banyak mempengaruhi perkembangan film pada saat itu seperti film Star Wars (george lucas) dan beberapa penulisannya juga banyak menginspirasi film film yang mengangkat tentang mitologi seperti cerita lord of the ring dan sebagainya. Berikut adalah pembagian seperti apa saja yang diperlukan agar dapat membangun cerita tentang pertualangan dari pahlawan yang diutarakan oleh Joseph Campbell (March 26, 1904 – October 30, 1987)  : 1) Hero (Pahlawan)  Setiap cerita yang baik pasti memiliki pemeran utama didalamnya, yang pada umumnya pemeran utama ini memiliki suatu tujuan didalam film dari awal sampai akhir yang hendak diselesaikan. Akan memiliki berbagai macam permasalahan dan tingkat pemecahan masalah didalamnya tinggal bagaimana seorang penulis ataupun sutradara membangun sosok karakter pahlawan dalam film nya untuk membuat sosok karakter utama yang berkesan bagi penonton. Berikut kita melihat seorang Frodo sebagai tokoh utama didalam film Lord Of The Ring yang mengisahkan dari awal penceritaan frodo memiliki suatu amanat yang perlu dia selesaikan dari awal sampai akhir.   Frodo - Lord Of The Ring 2) Herald (Pemberita)  Herald adalah seorang Penyiar kabar berita untuk memulai suatu pertualangan dari tokoh utama bisa berupa suatu benda, event atau bahkan juga bisa seorang tokoh. Hagrid adalah permulaan dari perjalanan cerita Film Harry Potter bagaimana dia membimbing Harry kedalam sekolah Hogwarts. Hagrid - Harry Potter 3) Mentor (Penasihat / Guru Pribadi) Mentor adalah seorang Tokoh yang selalu bersama dengan Pahlawan didalam film untuk membimbing tokoh mencapai tujuan utamanya, terkadang juga mentor dapat memerankan 2 bagian sekaligus sebagai pemberita atau permulaan dari suatu perjalanan tokoh utama. Seperti Gandalf dalam Film Lord Of The Ring dia memulai perjalanan dan dia juga sebagai guru pribadi bagi Frodo. Gandalf - Lord Of The Ring 4) Threshold Guardians (Penghalang)  Tokoh ini bertugas didalam cerita untuk menghalang-halangi pahlawan mencapai tujuan didalam akhir ceritanya. biasanya menggunakan beberapa karakter yang menyerang dan bertahan. Chiaturi Army - Avengers 5) Trickster (Penipu)  Penipu dibuat untuk menimbulkan huru hara , bisa juga secara positif menolong pahlawan didalam film atau terkadang juga dapat menjadi salah satu sidekick / sahabat karib dari...

Pencahayaan dalam 3D Animasi

Berikut ini kita akan melihat apa saja yang terdapat didalam tekhnik pencahayaan sehingga kita dapat memahami dengan tepat pencahayaan yang seperti apa kita butuhkan dalam 3D Animasi dalam scene kita.  1) Ambient Lightning  Ambient lightning merupakan pewarnaan yang seragam yang memiliki kekuatan cahaya yang menyebar dengan merata, biasanya pencahayaan ini akan diikuti dengan gradasi setiap sudut objek atau yang dikenal dengan ambient occlusion. Pencahayaan ini sangat baik untuk memberikan pewarnaan secara merata dalam adegan yang mau diceritakan mendukung emosional dari penonton. Ambient Light & Ambient Occlusion - Pixar Up  2) Directional Lightning Sebuah sumber cahaya yang memilik sasaran menerangi semua benda yang sama dari arah tertentu, seperti cahaya daerah ukuran yang tak terbatas dan jarak yang tak terbatas dari tempat kejadian; memiliki bayangan satu arah. umumnya digunakan untuk memberikan kesan yang dramatical dalam adegan.    Directional light - Monster Inc 3) Point Lightning  Cahaya berasal dari satu titik, dan menyebar ke luar ke segala arah.   Point Lightning - The Incredibles   4) Spot Lightning  Cahaya berasal dari satu titik, dan menyebar ke luar. Bentuk cahaya yang keluar menyerupai kerucut.   Spot Lightning - Monster University    5) Area Lightning  Cahaya berasal dari daerah kecil di satu bagian. kepada model yang secara menyeluruh  Area Lightning - La luna  6) Volumemetric Lightning  Berasal cahaya dari volume kecil dari luar masuk kedalam bagian ruangan yang gelap.Biasa digunakan untuk adegan didalam ruangan dengan cahaya matahari dari luar   Volumetric Lightning - Wreck it ralph    Ohel Studio Studio Animation Jakarta Studio Architecture Jakarta Jasa Animasi Jakarta  ...

Camera shot Dalam Animasi

Berikut ini kita akan mengenal dan mempelajari mengenai cinematografi didalam animasi, cinematografi adalah ilmu dimana secara praktis diterapkan dalam mengatur tampilan gambar, sudut kamera, cahaya maupun komposisi didalam gambar. Tetapi didalam artikel ini kita akan membahas hanya saja dibagian pengambilan gambar menurut hasil yang diinginkan dalam film : 1) Extreme Long Shot : Sebuah tembakan panjang yang ekstrim  mengandung sejumlah besar lanskap. Hal ini sering digunakan pada awal adegan atau film untuk membangun lokasi umum . Hal ini juga dikenal sebagai establish shot.   Extreme long shot - How to train your dragon 2) Long Shot : Sebuah tembakan panjang  berisi lanskap tetapi memberikan tampilan yang lebih detail. long shot menampilkan secara detail kepada pemirsa akan bangunan, dan keaadaan panggung karakter.   Long shot - Minions   3) Full Shot : Tembakan penuh berisi pandangan lengkap dari karakter. Dari gambar ini, pemirsa dapat mengambil dalam kostum karakter dan juga dapat membantu untuk menunjukkan hubungan antara karakter.  Full Shot - Wall e 4) Mid Shot : Shot ini mengambil setengah keadaan dari karakter yang ditampilkan yakni dari pinggang ke atas. Dari gambar ini, pemirsa bisa melihat wajah karakter 'lebih jelas serta interaksi mereka dengan karakter lain.  Middle shot - Cloudy 5) Close Up Shot : Sebuah close-up berisi wajah hanya satu karakter. Hal ini memungkinkan pemirsa untuk memahami emosi aktor dan juga memungkinkan mereka untuk merasa empati untuk karakter.   Close up - Brave 6) Extreme Close Up Shot : Ekstrim close-up berisi satu bagian dari wajah karakter atau benda lain. Teknik ini sangat umum di film horor. Jenis tembakan menciptakan suasana intens dan memberikan interaksi antara penonton dan pemirsa. Extreme close up - Coraline  Ohel Studio  Studio Animation Jakarta  Studio Architecture Jakarta  Jasa Animasi Jakarta ...

Studio Ghibli dan Miyazaki

Dalam pembahasan ini penulis mengakui bahwa ohelstudio sendiri bukan expertise dalam bidang animasi 2D, namun disini kita akan melihat suatu pelajaran dari seorang maestro dalam Animasi dan prinsip-prinsip yang diterapkan olehnya dalam pembuatan karya animasi yakni Hayao Miyazaki dengan Studio Ghibli. Studio Ghibli didirikan oleh 2 orang yaitu Miyazaki dan Takahata pada tahun 1984, Ghibli sendiri diambil dari bahasa italia yang berarti angin dari gurun sahara - dalam pengucapan nya adalah jlbli. Studio Ghibli telah membuat 16 film animasi dan 22 film animasi pendek sejak tahun 1984-2007 orang yang memegang kunci dalam studio ini adalah Hayao Miyazaki, Isao Takahata, dan Toshio Suzuki. Hayao Miyazaki - Suzuki Toshio - Takahata Isao   Berikut ini adalah Karya-Karya dari Studio Ghibli                 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------   Sedikit Profile dari Hayao Miyazaki   Lahir tahun 1941 - Tokyo Japan Lulusan Gakushuin University sebagai Sarjana Ilmu Hukum dan Ekonomi   Bekerja di perusahaan Toei Animation 1963   Sutradara Studio Ghibli 1984 Award My Neighboor Totoro won the best picture of the year in Japan Spirited Away Won academy awards 2001 Best Animated Feature Spirited Away Golden Berlin Bear 2002 Carer Golden Lion 2005 Lifetime Achievement Beberapa Element yang ada dalam setiap film Miyazaki Anak Perempuan : Merupakan Karakter utama pada umumnya dalam film miyazaki karena menantang ideologi perempuan di Jepang yang umumnya diakui sebagai tambahan dari laki-laki dari masyarakat Arstitektur : Pembuatan bentuk bangunan yang unik dan penuh dengan khayalan yang sulit tidak mungkin ditemui di dunia nyata yang menjadi sajian didalam filmnya.    Monsters : ini adalah ego dari miyazaki dimana dia ingin meletakkan  ikon yang kuat dalam setiap filmnya untuk membuat karakter yang ia sukai bagi penonton. contoh totoro..     Fantasy : Menyediakan sesuatu yang tidak pernah penonton lihat dalam dunia nyata       -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------     Ohel  Studio Animation Jakarta Studio Animasi Jakarta      Referensi  Slideshare Ghibli Studio and Miyazaki - Prof Max Bannah & Lee, Chun-hsien. google - Image  ...

Berbagai Cara Pembuatan Film Animasi

Animasi merupakan kumpulan serangkaian gambar yang bergerak, disini kita akan melihat dengan cara apakah animasi itu dibuat seturut perkembangan teknologi sampai hari ini. 1. Traditional Animation Animasi tradisional dimulai saat mulai ditemukan nya kamera yang bisa menggunakan film dalam bentuk roll. Konsep Animasi sendiri sebenarnya telah ditemukan dari zaman prasejarah, tetapi mulai saat itu dipopulerkan oleh seniman dengan cara membuat gambar yang digerakkan dari setiap lembar nya untuk menghasilkan suatu gerakan. lalu gambar tersebut dikumpulkan dan disimpan dengan bantuan kamera yang memfoto setiap bagian satu persatu, cara pembuatan animasi ini sangat lah sulit pada saat itu. Namun kita dapat melihat melalui perkembangan dan penemuan di jaman itu kita bisa menikmati film animasi yang modern sampai saat ini karena jerih lelah Animator terdahulu.. Salah satu karya populer pada saat itu adalah Mickey mouse yang dibuat oleh Walt Disney. Tekhnik yang paling sering digunakan dalam pembuatan ini biasanya menggunakan alat rotoscope yaitu meja yang memiliki lampu dibawahnya memudahkan untuk mengikuti alur garis dari satu lembar ke lembar yang lain. Tekhnik Rotoscoping   Penggambaran Pergerakan gambar 2. Stopmotion Animation  Tekhnik pembuatan Animasi yang satu ini amatlah unik, karena pembuatan film animasi ini dikerjakan secara langsung. Pembuatan secara langsung artinya panggung yang digunakan untuk membuat animasi sudah disediakan dalam bentuk nyata bisa sebagai objek manekin yang dapat digerakkan dan tata letak ruangan setiap adegannya, lalu para animator menggerakkan setiap karakter sesuai dengan adegan yang telah disetujui sutradara dan proses penyimpanan gambar dengan menggunakan kamera digital atau mekanik yang mengumpulkan setiap gambar satu persatu lalu disatukan dengan menggunakan komputer ataupun dengan manual. Tetapi seiring berjalannya waktu Stopmotion memiliki ciri khas yang unik yang dapat dihasilkan dan kesan yang mendalam bagi penonton. Bahkan dengan bantuan teknologi hari ini.. Stopmotion Behind the scene - Boxtrolls Behind The scenes - Boxtrolls 3. Computer Animation  Animasi menggunakan komputer hari ini lah yang sangat populer di semua industri kreatif pada belahan dunia manapun, karena melalui komputer animasi bisa didapat kan banyak bagian yang memukau penonton dengan hasil yang maksimal. Komputer animasi ini juga terdiri dari 2 bagian yaitu 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Untuk 2D proses pembuatan hampir mirip dengan traditional animation yaitu perlu menggambar satu persatu setiap bagiannya namun perbedaannya...