About Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipi Suspendisse ultrices hendrerit nunc vitae vel a sodales. Ac lectus vel risus suscipit venenatis. Morbi dignissim mi non dui phaedrum ullamcorper.

Hirtenstraße 19, 10178 Berlin, Germany

+49 30 24041420

ouroffice@any.com

Follow Us

6 Tahap dalam Membuat Animasi 3D

 Di dalam pembuatan Animasi karakter  kita perlu melihat dan memahami apa saja tahap yang perlu kita ikuti agar bisa memperoleh  standar kualitas yang baik, berikut ini kita lihat dan pelajari secara praktikal nya :
1. Shooting Reference Video :
Dalam tahap ini mungkin beberapa animator akan merasa aneh karena harus mencoba untuk merekam dan berakting sesuai dengan karakter yang sudah didesain sesuai dengan gerakan nya, emosi dari karakter bahkan jeda waktu setiap potongan gambarnya. Namun justru melalui pengambilan referensi video ini, akan membuat pandangan animator lebih natural terhadap gerakan mereka.
2. Key Pose 
 Tahap Keypose merupakan kita mengambil setiap poin gerakan penting dari referensi video yang sudah direkam dengan membuat keyframe yang disesuaikan dengan waktu video nya.
3. Blocking 

 Blocking disini adalah membuat gerakan diantara dari gerakan awal yang sudah dibuat agar ada gerakan tambahan diantaranya dengan demikian hasil animasi nya sudah  sampai pada keseluruhannya.
4. Splining 
 
Setelah memperhatikan Animasi secara keseluruhan yang telah dibuat sekarang kita masuk kedalam kurva dari animasi nya, setiap software memiliki cara pengeditan yang hanya sedikit berbeda namun umumnya caranya tetaplah sama. Disini setiap animator yang harus diperhatikan yang utama adalah memperhatikan pergerakan kurva Key yang dibuat dengan demikian animasi yang hasilkan akan lebih halus dan baik. Ingat prinsip ini Blocking yang baik menghasilkan Splining yang baik.
 5. Smoothing & Offset

Memperhalus dan Mengubah setiap bagian key animasi yang telah ada, point disini yang paling penting diperhatikan adalah hasil animasi nya haruslah berbentuk melengkung seperti garis yang ada dengan demikian animasi bisa memperoleh hasil yang baik.

6. Adding Life 
 Terakhir dalam tahap Animasi ini kita mulai memasukkan suatu kehidupan didalam karakter yaitu dengan cara menambahkan ekspresi, pergerakan pupil mata kedipan maupun mulut yang terbuka dan tertutup dengan demikian karakter yang sudah ada memiliki suatu kehidupan.
Demikian lah pembahasan artikel membuat animasi secara 3D, cuma dalam hal ini tidak ada bentuk bakunya. Setiap Animator juga mungkin memiliki caranya sendiri ketika mereka telah melewati 10000 jam kerja. Tetapi disini adalah bentuk umumnya yang sering digunakan. Semoga bermanfaat..

Referensi Artikel daqri BloopAnimation.com , setiap gambar penulis ambil berdasarkan keyword didalam Google.

No Comments

Post a Comment

19 − 18 =